Cara Mudah Membuat Feasibility Study untuk Tour and Travel Online

Posted on September 19, 2015

Melihat potensi bisnis tour and travel online memang sangat menjanjikan, terutama di tengah tren traveling yang menjangkiti anak muda Indonesia masa kini. Tak ada salahnya jika Anda ingin memulai bisnis tour and travel online sekarang juga.

Tapi jangan terburu-buru, pastikan Anda membuat feasibility study atau studi kelayakan terlebih dahulu untuk memastikan kelangsungan bisnis Anda saat membutuhkan modal untuk memulai usaha. Jika Anda kesulitan membuatnya, berikut panduan cara membuat business plan sendiri dengan baik.

Dasar Membuat Studi Kelayakan Sebelum mendirikan bisnis tour and travel online, studi kelayakan diperlukan untuk memberikan proyeksi keuntungan dari bisnis Anda. Studi kelayakan juga akan sangat berguna jika Anda membutuhkan modal dari pihak luar (investor) selain Anda sendiri, sehingga investor memahami bisnis Anda beserta prospek keuntungannya.

Selain itu, dengan mengadakan studi kelayakan, Anda bisa mengetahui kelemahan, kekuatan, kesempatan, dan ancaman bagi bisnis Anda. Yang paling menarik, dengan mengadakan studi kelayakan, Anda bisa memproyeksikan kebutuhan finansial, sumber daya manusia, dan kebutuhan teknologi yang akan digunakan.

Langkah Melakukan Studi Kelayakan Pertama, lakukan analisa ekonomi dengan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pajak, nilai tukar rupiah, dan berbagai hal ekonomi lainnya yang berhubungan langsung dengan usaha Anda. Kedua, lakukan analisa pasar untuk mengetahui kebutuhan pasar, ukuran target pasar, demografi pelanggan, serta level kompetisi usaha Anda.

Ketiga, lakukan analisa teknis untuk memahami bagaimana bisnis tour and travel online bisa berjalan lancar tanpa ada gangguan teknis. Perlu diingat bahwa usaha ini sangat bergantung pada koneksi internet dan peralatan teknologi lainnya, jadi Anda harus benar-benar mempersiapkan dengan matang sebelum memulai bisnis. Keempat, lakukan analisa sumber daya manusia sebab hal ini sangat penting jika Anda harus membagi pekerjaan dengan orang lain, terutama yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat teknis.

Kelima, lakukan analisa keuangan untuk memahami secara menyeluruh budget atau kebutuhan dana yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis online ini. Terakhir, lakukan analisa risiko untuk menjawab tantangan dan risiko apa saja yang mungkin Anda hadapi saat menjalankan bisnis baru Anda tersebut.

Dengan membuat studi kelayakan yang komprehensif atas bisnis tour and travel yang akan Anda jalankan, Anda bisa mempersiapkan berbagai strategi di tengah atmosfer bisnis yang sangat kompetitif. Tentunya semua ini dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan sukses yang bisa Anda raih di bisnis ini.

Sumber:

  • mytopbusinessideas.com/starting-a-travel-agency-business-plan/
  • mytopbusinessideas.com/conduct-feasibility-study/

Airlines Support


Kantor Kami

PPOB

Jl. Pangeran Jayakarta 153
Summarecon Bekasi
Phone: 021-8894008